July 02, 2021

[Movie & Drama Review] C-Drama: Miss Crow and Mr. Lizard / Wu Ya Xiao Jie Yu Xi Yi Xian Sheng / 烏鴉小姐與蜥蜴先生 (2021)

 Judul: Miss Crow and Mr. Lizard / Wu Ya Xiao Jie Yu Xi Yi Xian Sheng / 烏鴉小姐與蜥蜴先生
Sutradara: Qiang Wu
Penulis Naskah: Yang Ni Kou, Liu Chang
Genre: Office Romance, Comedy, Fantasy
Pemeran: Allen Ren Jialun (Gu Chuan), Fair Xingfei (Jiang Xiaoning), Wayne Liu (Xu Chengran), Chloe Zhao (Zhao Yan)
Negara: China
Bahasa: Mandarin
Jumlah Episode: 36 
Durasi: 45 menit per episode
Tayang: 26 April - 17 Mei 2021
Rating: 8.0/10


S i n o p s i s :

Sepuluh tahun yang lalu Gu Chuan mengalami sebuah kecelakaan yang menyebabkan luka serius pada jantungnya. Untuk bertahan hidup, jantung Gu Chuan harus diganti dengan dengan jantung mekanis. Akan tetapi jantung mekanis itu membuat Gu Chuan tidak bisa hidup seperti orang normal. Gu Chuan tidak boleh melakukan aktivitas yang membuat jantung mekanisnya berdetak cepat, termasuk jatuh cinta. Karena tak mau hidup tapi terasa seperti 'mati', Gu Chuan memutuskan untuk mengakhiri semuanya setelah dia mendapatkan penghargaan.

Semua berubah sejak Jiang Xiaoning hadir dalam kehidupan Gu Chuan. Jiang Xiaoning adalah gadis yang selalu sial, namun dia memiliki sifat ceria dan penuh semangat. Kegigihan Jiang Xiaoning dalam belajar arsitektur membuat Gu Chuan memberikan perhatian khusus kepada Jiang Xiaoning. Sampai akhirnya Gu Chuan menyadari jika masa lalunya ternyata berhubungan dengan Jiang Xiaoning.


Halo! Wah, lama banget rasanya nggak nge-blog. Kangen nggak? Jelas kangen lah. Hehe.... Kalau biasanya aku bikin review tentang buku, kali ini aku mau bikin review tentang drama. Sebenarnya ini adalah kali sekian aku nonton C-Drama, mungkin yang lainnya aku akan bikin review-nya kapan-kapan. 

Miss Crow and Mr. Lizard, judulnya terus terang langsung bikin aku tertarik, apalagi cast ceweknya Fair Xingfei, aku suka banget sama dia dan udah nonton beberapa dramanya. Kalau sama cast cowoknya, pada awalnya aku malah nggak terlalu klik, wajahnya asing buat aku yang masih beberapa kali nonton C-Drama. Tapi sekarang malah terbayang-bayang terus, hehe.... Dasar aku!

P l o t :

Kurang lebih sama seperti yang aku tulis di sinopsis. Gu Chuan yang menjadi cowok super duper dingin karena jantung mekanisnya, perlahan-lahan luluh oleh Jiang Xiaoning, gadis yang selalu ceria dan semangat meski hidupnya diliputi oleh kesialan. 

Biasanya aku nggak terlalu suka dengan genre office romance, tapi semua terpatahkan di drama ini. Aku suka! Romance-nya mengalir, natural gitu, nggak lebay sama sekali. Jadi meski Gu Chuan dan Jiang Xiaoning saling suka, mereka nggak terang-terangan, lucu aja gitu ngelihat kisah mereka yang tarik ulur kayak benang layangan, haha! 



Jumlah episode yang lumayan panjang (karena aku nggak suka nonton drama yang episodenya ala-ala gerbong kereta api) bisa aku nikmati dengan baik. Di awal-awal aku excited banget, sangat menikmati hari-hari Jiang Xiaoning sebagai asisten pribadi Gu Chuan. Suka banget pembawaan Jiang Xiaoning yang selalu berpikiran positif dan nggak takut melakukan apa pun, walau awalnya Gu Chuan sama sekali nggak peduli. Lama-lama tingkah 'ajaib' Jiang Xiaoning berhasil juga bikin Gu Chuan tertarik, bahkan sampai cemburu. 

Fyi, Jiang Xiaoning ini cewek yang aktif banget, kontras banget dibandingkan dengan Gu Chuan yang udah kayak robot. 


Kisah Gu Chuan dan Jiang Xiaoning ini nggak selancar jalan tol lho! Su Manlin, manajer di Chuan Design Studio yang notabene sudah enam tahun bekerja dengan Gu Chuan ini punya perasaan terpendam pada Gu Chuan. Mulanya sih Su Manlin nggak terlalu khawatir, karena dia yakin kalau Jiang Xiaoning bukan tipe cewek yang disukai Gu Chuan. Tapi melihat kedekatan Gu Chuan dan Jiang Xiaoning, Su Manlin gerah juga. Apalagi Gu Chuan selalu lebih memilih dan memperhatikan Jiang Xiaoning ketimbang dirinya. Mulai deh, aksi-aksi ala cewek antagonis dimulai. Meski nggak sadis, aku kesel banget sama Su Manlin.

Selain kisah Gu Chuan dan Jiang Xiaoning, kita juga akan disuguhi kisah sahabat Gu Chuan, Xu Chengran dan sahabat Jiang Xiaoning, Zhao Yan. Agak-agak hoek juga ngelihat Xu Chengran sebagai playboy tobat yang bucin banget sama Zhao Yan. Secara Zhao Yan ini tipe cewek yang galak banget loh!


Latar pekerjaan dalam drama ini sangat menarik buatku. Arsitektur. Setelah nonton drama ini, aku baru tahu kalau pekerjaan arsitek itu njlimet banget, wkwkwk. Karena ini drama yang pekerjaan tokoh utamanya arsitek, semua latar yang ditampilkan memiliki nilai 'keindahan' sendiri. Selama nonton hampir-hampir nggak ketemu sama bangunan yang nggak enak dilihat, nyaris semuanya enak dipandang mata, apalagi rumahnya Gu Chuan. Mau banget aku pindah ke sana, selain desain yang apik, view-nya juga luar biasa keren. 


Persahabatan antara Gu Chuan dan Xu Chengran bikin aku terharu. Sekilas jadi ingat sama bromance antara Kim Shin dan Wang Yeo di Goblin atau Yoo Shi-jin dan Seo Da-young di DOTS. Tolol, tolol bareng. Galau bareng. Somplak bareng. Gokil pokoknya!



Dari awal sampai akhir, cerita Miss Crow and Mr. Lizard ini bisa aku nikmati dengan baik. Semua misteri tentang apa yang terjadi sepuluh tahun lalu terjawab semua di akhir cerita. Lalu, hubungan Gu Chuan dan Jiang Xiaoning yang diwarnai dengan putus-nyambung sempat bikin aku baper setengah mati. Mulai episode 30 ke belakang, banyak bawang-bawangnya. So, jangan lupa sedia tisu!

Minusnya?
Kalau tadi ngomongin yang bagus-bagus, sekarang kebalikannya.
Jujur yang bikin aku kecewa sama drama ini adalah bagian ending-nya. Di mana Gu Chuan sempat diceritakan koma karena jantungnya bermasalah saat mengeluarkan listrik berlebih untuk melindungi Jiang Xiaoning. Di sini aku sempat mengira bakalan sad ending, karena meski nggak mengeluarkan listrik berlebih pun, Gu Chuan akan mati karena jantungnya sudah tidak bisa berfungsi lagi dengan baik. Aku sempat berpikir juga kalau Gu Chuan akan mendapatkan jantung donor asli, yang bukan mekanis di akhir cerita. Tapi semua perkiraanku dipatahkan! 

Aku bisa terima Gu Chuan koma, tapi mendekati menit-menit terakhir menjelang ending, semuanya skip langsung tiga tahun kemudian. Hasilnya? Tenang, bukan sad ending kok. Tapi 'tiga tahun kemudian' ini membuat pertanyaan-pertanyaan baru muncul. Gu Chuan itu ceritanya koma selama tiga tahun? Atau Gu Chuan sudah sadar tapi berjuang selama tiga tahun sebelum akhirnya jantungnya diperbaiki? Sebenarnya apa yang terjadi pada Gu Chuan dalam kurun waktu tiga tahun?

Entahlah, akhir yang hanya sekadar narasi bikin aku kecewa berat. Padahal aku nggak keberatan kok kalau ditambah empat episode lagi agar semua nggak terkesan terburu-buru.

*
𝗠𝗲𝘀𝗸𝗶𝗽𝘂𝗻 𝗷𝗮𝗻𝘁𝘂𝗻𝗴 𝗶𝗻𝗶 𝘁𝗲𝘁𝗮𝗽 𝘁𝗮𝗸 𝗮𝗱𝗮 𝘀𝘂𝗮𝗿𝗮 𝗱𝗲𝘁𝗮𝗸 𝗷𝗮𝗻𝘁𝘂𝗻𝗴, 𝘁𝗮𝗽𝗶 𝗰𝗶𝗻𝘁𝗮 𝗚𝘂 𝗖𝗵𝘂𝗮𝗻 𝗽𝗮𝗱𝗮𝗸𝘂 𝘁𝗮𝗸 𝗽𝗲𝗿𝗹𝘂 𝗱𝗶𝗯𝘂𝗸𝘁𝗶𝗸𝗮𝗻 𝗱𝗲𝗻𝗴𝗮𝗻 𝗱𝗲𝘁𝗮𝗸 𝗷𝗮𝗻𝘁𝘂𝗻𝗴. — 𝗝𝗶𝗮𝗻𝗴 𝗫𝗶𝗮𝗼𝗻𝗶𝗻𝗴.

Tenang, tapi aku oke kok dengan ending-nya. Semua punya kelebihan dan kekurangan, kan?
Intinya aku suka dan menikmati kisah Gu Chuan dan Jiang Xiaoning. Awalnya aku susah beradaptasi dengan pemeran Gu Chuan alias Allen Ren, karena wajahnya yang kurang familier buat aku. Tapi sekarang? Aku kebayang-bayang wajahnya terus. Lol. Lol. Lol.

Ini adalah pertama kalinya aku nonton akting Allen Ren, wajahnya sedikit mengingatkan aku pada sosok Yeo Jin-goo. Sedangkan Fair Xingfei, Miss Crow and Mr. Lizard ini adalah drama keempat dia yang aku tonton. Sebelumnya aku udah nonton akting Fair Xingfei di Master Devil Do Not Kiss Me S1&S2, Put Your Head on My Shoulder, dan My Little Happiness. Semoga di lain kesempatan, dalam waktu dekat aku bisa me-review drama lagi.

*



No comments:

Post a Comment