July 07, 2019

[Book Review] Broken Angel - Anna Anderson

Judul: Broken Angel
Penulis: Anna Anderson
Genre: Amore
Bahasa: Indonesia
Tebal: 200 halaman
Rilis: 17 April 2017
Penerbit: GPU
ISBN: 9786020334509
Harga: IDR. 55.000
Rate: ★☆☆☆☆


B l u r b :

Abigail “Abby” Hendrawan, memiliki hidup yang terlindung. Sebagai putri bungsu pengusaha kaya dengan kedua kakak yang over-protektif, Abby tumbuh menjadi gadis polos yang hanya memiliki kehidupan di rumah dan sekitar kampus.

Sebagai pemilik jaringan hotel ternama, Jonathan “Joe” Hasby dikenal memiliki reputasi buruk. Sepak terjangnya di dunia malam sudah diketahui umum, termasuk pergaulannya dengan gadis-gadis panggilan papan atas.

Sampai suatu kesalahpahaman membuat Abby tersasar di kamar Joe dan disangka salah satu gadis panggilan yang dipesan pria itu. Saat Joe menyadari kesalahannya, kerusakan suda terjadi. Abby sudah menghilang.

Penyesalan membuat Joe berusaha keras melacak keberadaan Abby. Ketika akhirnya Joe bertemu Abby, dia tahu gadis itu takkan mungkin memanfaatkannya. Hingga Joe bertekad untuk meyakinkan Abby bahwa sesuatu yang diawali dengan sesal itu kini berkembang menjadi cinta yang serius untuknya.

*

Buku macam apa ini??? *kembalikan dua jamku yang berharga plisss.... mending dua jam itu aku pakai buat bobok siang atau luluran dah!

Sorry to say, this book is suck—or sick. Sampai-sampai pas baca aku tanya berulang kali dalam hati, "Seriusan ini terbitan mayor?" Soalnya berasa baca wattpad, bedanya tulisannya minim typo.

Awalnya aku penasaran aja karena beberapa teman ngasih penilaian minus buat buku ini, sementara buku ini terbitan mayor yang harusnya oke. Berangkat dari itu akhirnya aku nekat baca, dan beneran, buku ini menurutku belum layak untuk diterbitkan oleh penerbit mayor.

Mengambil genre novel roman dewasa alias amore, aku sama sekali nggak bisa merasakan 'amore' itu sendiri. Mungkin maksud penulis ingin membuat cerita bergenre dark romance, but TOTALLY FAILED! Mulai dari premis, alur cerita, serta konfliknya aye aye banget. Apalagi karakternya, ugh, sorry lagi, bikin eneg maksimal. Penulisannya kurang smooth, perpindahan POV-nya juga. Terus endingnya bikin pengin tepok jidat abang bakso. Haduh, sumpah aku bingung mau komentar apa, banyak hal-hal konyol di luar nalar yang bikin aku muterin mata sampe berasa juling. Kurang lebih seperti inilah:

1. Gaya hidup yang terkesan dipaksakan [- h. 11]
Ceritanya pagi-pagi Joe udah dibikin bad mood sama papanya. Berhubung pusing tujuh keliling dan nggak ada puyer bintang tujuh, dia nenggak minuman keras😅 Hadeh, Bang, ini Endonesah yang pagi-pagi aja udah gerah. Pikiran butek bukannya ngadem malah minum miras. Nggak puas dengan itu, dia menghubungi Madam yang biasa menyediakan ciwik-ciwik buat nananina. Yaoloh, Bang, lo katanya pengusaha yang udah punya beberapa usaha lo sendiri (di luar punya bokap lo), tapi sumpah, itu kepala kok isinya cuma miras sama swadikap-skidi-pap-pap doang ya? Lo itu pengusaha ato preman terminal sih?

2. Adegan salah kamar yang uwauuuuw banget [- h. 14]
*garuk-garuk kepala*
Abby dan Joe ini entah sepasang manusia dari planet mana. Di awal kakaknya Abby memang ngasih nomor kamar suite-nya nggak pasti, 732 atau 731 gitu katanya. Tapi ayolah, masak nggak nanya dulu di resepsionis sih? Atau dia punya iPun, kan? Telepon kakaknya dulu kek. Terus si Joe juga, tahu ada ciwik polos disamber aja. Iya sih pas itu dia lagi nunggu ciwik dari Madam, tapi apa segitu sangek-nya sampai ciwik nyasar pun diembat? Kelakuannya bar-bar beneran ini orang.

3. Joe menyuruh Pak Nyoman melukis Abby [- h. 72]
Aku nggak tahu Joe itu pikirannya buntu atau pekok sih benernya? Tujuannya dia ngelukis wajah Abby yang sedang sedih apa coba? Nggak tahu dah, jyjyk banget bayangin Joe ngelihatin lukisan Abby sambil bilang, "Gadisku. Milikku!" Ya kalo ngerasa salah buruan minta maaf kek, kan udah ketahuan identitasnya Abby, bukan malah kek gini. Secara Joe loh yang merkosa Abby, terus dia ngenes-ngenes sendiri. Fakk banget woy! Makanya, Bang Joe, jangan kebanyakan nenggak miras, otaknya jadi oleng kan?!

4. Kejadian salah masuk kamar yang menjadi awal petaka buat Abby itu seriously aneh. Gimana nggak, katanya keluarga Hendrawan sering menyewa suite itu untuk bersenang-senang, so Abby termasuk di dalamnya, kan? Lha terus kenapa kalo udah sering, Abby masih aja salah kamar?

5. Di halaman 75 dikatakan kalau Abby akan wisuda bulan depan, tapi di halaman 88, yang notabene setahun kemudian, dikatakan bahwa Papa, Mama, Mas Ferdi, dan Dani akan datang pada akhir pekan untuk menghadiri wisudanya. Ini kuliahnya molor atau gimana ya? 

6. Kutipan: Anak perempuan adalah cinta pertama ayah [- h. 93]
Ini nggak kebalik ta? Setahuku di mana-mana ayahlah yang jadi cinta pertama anak perempuannya. Lagian, kalo anak perempuan itu cinta pertama ayahnya, ibunya cinta keberapa dong? Ibunya kan udah ada duluan sebelum anak. Duh, pusing palak berbi kalo dibolak-balik gini.

7. Sumpah jyjyk banget sama Joe yang mandang-mandangin lukisannya Abby sambil merana, bilang kalo kamu milikku, sayang, sebentar lagi kamu akan menemukanmu, atau apalah kalimat benyek lainnya. Ya kalo niat dicari, buruan aja. Bukannya malah merana, mengharu biru karepe dewe. Gaje sumpah! Padahal dia kan sifatnya arogan, masak iya gampang banget berubah benyek gini? Lagi pula dari petunjuk-petunjuk yang udah ada, bukannya gampang dicarinya? Beneran nggak tahu aku cara pikir Joe itu gimana. Bolehlah dia nggak tjerdas, tapi kan dia punya duitttt. Harusnya gampang kalo mau cari Abby, toh petunjuknya udah ada.

KESIMPULANNYA: buku ini cocok dibaca buat orang-orang masokis atau orang kurang kerjaan. Aku sama sekali nggak berniat jelek-jelekin sebuah karya, tapi semua ini adalah penilaianku terhadap sebuah karya. Aku pasti bakalan bilang bagus kalo emang bagus, kalo jelek aku juga pasti bilang jelek. Semoga ini menjadi pembelajaran buat karya-karya selanjutnya 🥰

2 comments:

  1. Replies
    1. wkwkwk.... iya emang sengaja dibalik kok😃 salam kenal juga dariku 🥰

      Delete