May 12, 2018

[Book Review] But, Darling? - Risalia Anugrah

Judul: But, Darling?
Penulis: Risalia Anugrah
Halaman: 240 halaman
Genre: Romance Comedy
Tahun: Maret, 2018
Penerbit: Grass Media
ISBN: 9786025125324
Harga: IDR 93.000 (P. Jawa)
Rate: ★★☆☆☆



"Soal rasa itu dinamis, jangan salahkan jika ia bisa terkikis, karena jarak antara ingkar dan janji hanyalah tipis." - h. 227

S t o r y l i n e :
Berawal dari insiden 'menimpuk' kaca mobil, Valerie dan Fahcry akhirnya sering bertemu. Fahcry adalah anak dari pemilik tempat Valerie magang. Intensitas kedekatan mereka meningkat saat Fahcry meminta Valerie menjadi asisten pribadinya, alasannya sih untuk ganti rugi kaca mobil Fahcry yang pecah karena ditimpuk Valerie. Dari sini hubungan mereka berkembang, perhatian Fahcry yang mulanya terpusat untuk Freya mulai tercuri, pun dengan Valerie yang mulai merasakan getaran-getaran aneh di dadanya.

Suatu hari Valerie diharuskan untuk pulang karena ayahnya sakit. Dan di sanalah Valerie kembali bertemu dengan seseorang dari masa lalunya, Arga. Setengah dari hati Valerie yang masih terhanyut oleh masa lalu tergoda saat Arga menginginkan hubungan mereka kembali seperti dulu. Namun ketika Valerie teringat pada Fahcry, niat itu pun goyah. Sementara itu Fahcry yang mengetahui hubungan Valerie dengan Arga merasa gusar. Fahcry tak pernah menyangka, bila sebenarnya dia jatuh cinta pada Valerie, bukan pada Freya seperti yang dia kira selama ini.

K a r a k t e r :
👦 Fahcry ↠ Seorang dokter. Jatuh cinta dengan sahabat semasa kecilnya, Freya. Tapi sudah lewat ratusan purnama pun, Fahcry tetap memendam perasaannya pada Freya. Sifatnya over pede [menurutku], soalnya dia ganteng, tajir, dokter pula. So, wajar dong kalau dia pede banget? *wink*

👧 Valerie ↠ Mahasiswi tingkat akhir yang sedang skripsi dan magang di kantor milik ayahnya Fahcry. Punya sakit mag akut. Untuk ukuran cewek, Valerie ini slengek banget kalau ngomong meski sebetulnya dia anak yang asyik.

👦 Arga ↠ Sepupu Fahcry yang juga sahabatnya [Arga, Fahcry, dan Freya adalah sahabat sejak kecil]. Profesi Arga juga seorang dokter, sifatnya lebih kalem ketimbang Fahcry.

👧 Freya ↠ Seorang dokter anestesi yang bekerja di rumah sakit yang sama dengan Fahcry. Tetap memperlakukan Fahcry sebagai sahabat tanpa dia tahu bila Fahcry menyimpan perasaan padanya. Laki-laki yang ditaksirnya adalah Arga.



Sebetulnya yang bikin aku tertarik untuk membaca buku ini adalah kovernya yang kelihatan cute, warnanya juga seger banget buat mata. Tapi sayangnya, setelah aku mulai baca, langsung ilfil. Hm, gimana ya? Jujur buku ini tidak diedit dengan baik. Typo, penggunaan kata yang tidak konsisten, kata yang harusnya ditulis miring, penggunaan huruf besar dan kecil, juga penggunaan istilahnya terkesan ala kadarnya.
Contohnya → ....terpaksa aku harus tergolek nggak berdaya di sini. Di atas ranjang pesakitan dengan selang infus menempel di tangan. [- h. 66]
Haloooo? Cek arti persakitan di KBBI plisssss....
Terus di halaman berapa ya [aku lupa] penulisan nama Fahcry beda. Cek sendiri deh untuk koreksi penulisannya, bakal capek kalau kudu nulis satu-satu.

Karakter Fahcry yang menurutku begitu narsis di sini juga sering bikin aku ilfil. Dia seorang dokter, tapi sifatnya itu nggak match banget. Selain narsis, dia juga kasar. Masa nyokapnya sendiri dikatain sarap [dalam hati sih ngatainnya], cuma ya masa sampai sebegitunya, padahal sama nyokapnya cuma dipanggil untuk segera makan. Aku rasa karakter seperti ini nggak cocok untuk seorang dokter yang notabene pendidikannya tinggi.

Lalu Valerie, waktu pertama baca, aku langsung bertanya-tanya: Ini anak diajarin sopan santun nggak sih? Cara ngomongnya sama sekali nggak ada santun-santunnya. Terkesan kasar dan liar. Ini penilaianku pribadi sih, entah orang lain yang baca gimana nilainya. 

Dari segi ceritanya okelah, ringan banget, nggak pakai mikir kok bacanya. Yah, yang mengganggu ya itu tadi, karakter tokoh utamanya dan penulisannya. Btw, boleh dong aku nanya: Editornya kerja? Menguasai KBBI dengan baik? Heran aja gitu, penulisan dasar masih awut-awutan tapi tetap naik cetak.

Fahcry yang memiliki panggilan Ayik. Hm.... Panggilan apa aja boleh sih, tapi kok nggak related sama nama aslinya, ya?

Mungkin buku ini dimaksudkan masuk genre romance-comedy, tapi jatuhnya malah [sorry] receh. Guyonannya serampangan [nggak cocok sama dunia para karakternya yang berpendidikan], romance-nya juga flat. Entahlah aku nggak bisa ngerasain chemistry antara Fahcry dan Valerie. 

Juulnya?
But, Darling? → Kaitannya sama cerita apa sih? Aku nggak paham.

Harganya?
W.O.W. Aku dapat buku ini dari giveaway, pas aku liat harganya, mataku langsung melek semelek-meleknya. Buku setebal 240 halaman ini dibanderol dengan harga IDR 93.000 [P. Jawa].  Harganya setara dengan buku-buku terjemahan yang tebel-tebel itu bok! Mungkin masih terbayar kalau isinya worth it, tapi menurutku ini nggak sepadan dengan isinya.

Ya sudahlah, review ini aku buat berdasarkan dasar penulisan serta pendapat pribadi. Kalau ada yang berbeda pendapat sah-sah aja. Diskusi boleh, asal jangan ngajak gelut aja. Wkwk....

No comments:

Post a Comment